Apa Itu Data Cache di Android dan iPhone, Apakah Boleh Dihapus?

Apa Itu Data Cache di Android dan iPhone, Apakah Boleh Dihapus?

Apa Itu Data Cache di Android dan iPhone, Apakah Boleh Dihapus?

Pernahkah Anda menghapus data smartphone menggunakan aplikasi pembersih “sampah” ponsel?

Aplikasi ini biasanya menyortir data sementara dan tidak begitu mendesak untuk disimpan, sehingga meskipun datanya dihapus, Anda masih bisa memakai smartphone tanpa terganggu.

Salah satu yang dihapus adalah cache data. Data ini sendiri sebenarnya bisa dihapus secara manual oleh pengguna ponsel Android maupun iOS melalui menu pengaturan. Lantas apa itu cache data?

Baca juga: Rowasia Core Banking System

Apa itu data cache?

Cache data adalah informasi yang mencakup gambar, file dan skrip dari situs web atau aplikasi yang disimpan otomatis pada perangkat. Cache data disimpan dengan tujuan mempercepat proses (loading) ketika pengguna browsing atau menjalankan aplikasi.

Misalnya ketika Anda membuka Instagram versi web dari laptop maupun browser di ponsel. Kali pertama Anda membukanya, Anda tentu harus memasukkan akun serta password.

Namun ketika lain waktu Anda membukanya lagi, Anda tak perlu melakukan tahap tersebut karena datanya tersimpan sebagai data cache. Dengan begitu, Anda akan lebih cepat terhubung ke Instagram bukan?

Praktik yang sama juga berlaku pada aplikasi smartphone baik Android maupun iPhone. Jadi, Anda tidak perlu login setiap kali membuka aplikasi karena data akun tersimpan sebagai data cache.

Apakah cache data boleh dihapus?

Data cache yang disimpan pada perangkat, bersifat sementara dan secara umum tidak begitu penting. Sebab, data cache hanya bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna.

Jadi, menghapus data cache pada dasarnya sah-sah saja dilakukan dan tidak akan begitu berdampak besar pada aplikasi atau situs web yang Anda gunakan.

Hanya saja ketika Anda membuka situs atau aplikasi yang data chache-nya sudah dihapus, Anda akan diminta login ulang dan waktu loading yang sedikit lebih lama dibanding sebelum menghapusnya.

Praktik hapus cache data juga tidak akan membuat akun dari aplikasi Anda terhapus, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Makeuseof, Kamis (7/7/2022).

Justru, menghapus cache data cukup dianjurkan karena ruang penyimpanan bisa lebih lega. Dengan memori penyimpanan yang lega, ponsel tidak akan berjalan lamban alias lemot.

sumber : tekno.kompas

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Open chat
kontak kami